Detail Informasi Publik

VISI DAN MISI DINAS KETAHANAN PANGAN

Oleh : Dinas Ketahanan Pangan Kab.Karangasem | 07 Juli 2017 | Dibaca : 90 Pengunjung


Judul InformasiVISI DAN MISI DINAS KETAHANAN PANGAN
Isi Informasi

VISI

TERWUJUDNYA RUMAH TANGGA TAHAN PANGAN DAN GIZI YANG BERLANDASKAN PADA KEMANDIRIAN PANGAN BERBASIS SUMBERDAYA LOKAL YANG EFISIEN DAN BERKELANJUTAN.

 

MISI

Misi Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Karangasem adalah :

  1. Mengkoordinasikan dan menggalakkan pemanfaatan sumber daya alam secara optimal dalam rangka pemantapan ketahanan pangan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Pemanfaatan sumber daya alam secara optimal adalah peningkatan produktivitas lahan yang ada baik lahan pertanian, peternakan, perkebunan, perairan air tawar dan laut melalui penerapan teknologi spesifik lokasi dengan tetap mempertahankan dan meningkatkan daya dukung sumber daya alam. Disamping pemanfaatan sumber daya alam lahan juga pemanfaatan sumber pangan alternatif yang tersedia sesuai dengan budaya lokal.
  2. Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.
  3. Pemberdayaan masyarakat agar mampu menanggulangi masalah pangan secara mandiri dan berkelanjutan. Pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses dimana masyarakat khususnya mereka yang kurang memiliki akses kepada sumber daya pembangunan didorong untuk mandiri dalam mengembangkan perikehidupan mereka. Dalam proses pemberdayaan, masyarakat dibantu untuk mengkaji kebutuhan, masalah dan peluang dalam pembangunan yang dimiliki sesuai dengan lingkungan sosial – ekonomi kehidupannya.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia pertanian dalam arti luas dalam rangka memberdayakan masyarakat. Sumber daya manusia pertanian adalah semua orang yang bergerak pada sektor pertanian dalam arti luas yang meliputi aparat pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan serta kontak tani ( penyuluh swakarsa ) sebagai pembina dan petani yang tergabung dalam kelompok Afinitas dan lembaga yang memberikan layanan pangan dan gizi di wilayah pedesaan seperti : PKK, Posyandu, Lumbung Pangan, Koperasi, Pasar Desa dan jasa layanan lainnya.
  5. Meningkatkan aksesibilitas pangan setiap rumah tangga, setiap saat secara berkelanjutan.
  6. Mempercepat upaya penganekaragaman pangan berbasis sumberdaya lokal menuju konsumsi pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang dan aman untuk mewujudkan status gizi yang baik dan menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.
Kategori Informasiberkala
Instansi yang MenguasaiDinas Ketahanan Pangan Kab.Karangasem
Download File




Informasi Publik Lainnya :

Lihat Arsip Informasi Publik Lainnya :

 



Selamat Datang di Website PPID Kabupaten Karangasem
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website ini?
Statistik

Total Hits : 936773

Pengunjung Online: 2