Baca Berita

Karangasem Ikut Peserta Workshop Pengelolaan Informasi Publik Tingkat Nasional di Medan

Oleh : | 26 Mei 2016 | Dibaca : 15 Pengunjung

Pemkab.Karangasem yang diwakili Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika, I Komang Pasek Antara, Kamis, (26/5) 2016  lalu menghadiri kegiatan Workshop “Sosialisasi Inpres No. 9 Tahun 2015 dan Workshop Anugrah Media Indonesia (AMI) di Grand Swiss Bel Hotel, Medan, Sumatra Utara. Worksop diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan informatika RI. Peserta dari Bali yang diundang oleh panitia hanya Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem. Materi workshop tentang pengelolaan informasi publik

Narasumber dan materi yang dibahas dalam workshop, Direktur Kemitraan Komunikasi, Kemenkominfo RI Dede Surya Nandika membahas Fungsi GPR dalam Implementasi  Inpres No. 9 tahun 2015, “Pengemasan Media Internal Pemerintah sebagi Media Informasi Publik” dipaparkan oleh Dr. Subagio, sedangkan “Teknik Pembuatan Advertorial yang Informatif” diberikan oleh Usman Kansong, salahsatu Pemimpin Redaksi Metro TV, dan materi

“Standariasai Website Pemerintah sebagai Media Pelayanan Informasi Publik” dipaparkan oleh Donny Budhi.

Dede Surya Nandika mengatakan Media massa selama ini telah dipercaya masyarakat sebagai media yang memberitakan kondisi “riil” di lapangan. Tidak semua pemberitaan media massa dibuat berdasarkan data-data yang valid. Bad news is good news, maka judul dan topik diskusi yang bombastis menjadi lahan bagi media massa untuk menaikkan oplah dan rating programnya. Namun informasi negatif (bad news) yang terus digencarkan oleh media massa lambat-laun mengakibatkan krisis yang serius bagi instansi pemerintah.

Terkait dengan Anugrah Media Indonesia (AMI) Dr. Subagio menganjurkan, buatlah laporan secara detail sepanjang detail itu penting. sistematis dari sisi kronologis maupun dari program yang paling penting, kemasan harus menarik.

Sedangkan teknik pembuatan advertorial yang informative dijelaskan Usman Kansong, advertorial adalah iklan tentang produk, barang, jasa, atau program yang disajikan menyerupai berita, cara atau teknik penyajiannya pun wajib hukumnya seperti berita. Selain dengan struktur piramida terbalik, advertorial boleh saja ditulis berdasarkan struktur piramida tegak bahkan dengan struktur kronologis seperti artikel.

Workshop dibuka oleh Direktur Kemitraan Komunikasi, Kemenkominfo RI Dede Surya Nandika. Peserta berjumlah 60 orang dari perwakilan masing-masing provinsi dan kabupaten/kota (Pasek Antara/Diskominfo)


Oleh : | 26 Mei 2016 | Dibaca : 15 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Selamat Datang di Website PPID Kabupaten Karangasem
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website ini?
Statistik

Total Hits : 904999

Pengunjung Online: 1